Cara menghafal Dasa Darma Pramuka dengan cepat

07.37.00
Cara menghafal Dasa Darma Pramuka dengan cepat - Dasa Darma merupakan asas kepramukaan, setiap anggota pemula yang baru masuk dalam dunia kepramukaan trisatya dan dasa darma merupakan pembelajaran yang paling pertama diajarkan. jika ada anggota pramuka yang tidak hafal dasa darma.. wahh. bisa gawat itu kak... mungkin bukan tidak hafal tapi lupa-lupa ingat.. heheh.

Cara menghafal Dasa Darma Pramuka dengan cepat 

Cara menghafal Dasa Darma Pramuka dengan cepat

Meskipun sudah di tingkat penegak, kerap kali terjadi kesalahan pengucapan dasa darma, seperti tidak berurutan atau ada kata-kta yang tertinggal/kurang saat diucapkan atau  kata-kata yang dirubah dan tidak sesuai dengan aslinya

Meskipun Dasa Darma itu dicatat mungkin tidak semua anggota bisa menghafalnya dengan cepat jika pembina tidak membimbingnya, apalagi pada pramuka siaga dan anggota pramuka yang abal-abal,, hehehe, maksudnya anggota pramuka yang dipaksa masuk ke lingkaran pramuka, nah.. disini saya akan berbagi tips cara menghafal dasa darma bagi kakak-kakak pembina atau pelatih pramuka yang membina di tingkat siaga dan dan penggalang.  

Cara Cepat Menghafal Dasa Darma 


Dasa Darma Pramuka itu terdiri dari 10 butir.
Dasa Darma Paramuka. pramuka itu:
  1. Taqwa kepada tuhan yang maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin termapil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan

Berikut langkah yang bisa anda lakukan
  • Tulislah Dasa Darma dipapan tulis, dan menginstruksikan anggota untuk menuslinya di buku, jika memang anggota sudah memiliki buku saku pramuka, hal ini tidak perlu lagi anda lakukan
  • Lafazkan dengan suara lantang diikuti anggota
  • Berikan instruksi untuk menghafal dengan teknik, dengan menguasai dan mengingat ptongan huruf awalnya. ini contohnya:

TA CI PA PA RE RA HE DI BER SU

Potongan huruf dari kata ini akan membuat anggota anda mudah dalam mengingat urutan Dasa Darma dari 1-10 dan membantu mereka menghafalnya dengan cepat. cukup sekian artikel Cara menghafal Dasa Darma Pramuka dengan cepat. semoga bermanfaat. Salam Pramuka.!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar