Peran Pramuka Dalam Pendidikan

07.25.00
Peran Pramuka Dalam Pendidikan- Pramuka sudah menjadi bagian dan badan dari pendidikan di indonesia dan paramuka juga sudah dimasukkan dalam kurikulum pendidikan diatur dalam Undang-Undang Dasar. Segitu pentingkah Pramuka itu..? kenapa pemerintah kita sampai berfikir bahwa Pramuka itu memiliki peran penting dalam pendidikan.

 Peran Pramuka Dalam Pendidikan

 Peran Pramuka Dalam Pendidikan

Jika kita perhatikan perkembangan pramuka sudah merambat dan diaplikasikan di berbagai kalangan pendidikan. dimulai dari Sekolah Dasar sampai kepada perguruan tinggi, kegiatan pramuka diaktifkan.

Dalam artikel ini acehscouting.com akan menguak tentang peran pramuka dalam pendidikan semoga bisa bermanfaat untuk wawasan para pembaca.

Pramuka Sebagai Jalur
Dalam kepramukaan hal yang paling menonjol adalah kedisiplinan dan kecerdasan, dimana setiap anggota pramuka digemleng untuk kristis dan peka terhadap situasi serta melakukan sesuatu secara terkordinasi. dari sini pramuka dapat dijadikan sebagai batu lonjatan atau jalur dalam sebuah pembelajaran untuk mengahantarkan kepada tujuan yang dimaksud.

Pramuka Sebagai Wadah
Kegiatan pramuka memang sangat diperhatikan secara nasional ataupun internasioanal, bahka di negara indonesia, pihak kepolisian, kemiliteran dan kepemerintahan memiliki andil dalam pramuka. disini peramuka dapat dijadikan sebagai wadah untuk menujang suatu misi, inilah yang cikal-bakal lahirnya sako pramuka (Satuan Komunitas) semua sako memilki peran dan misi tersndiri namun masih dalam ruang lingkup kepramukaan. singkatnya pramuka dapat dijadikan sebagai wadah silaturrahim, wadah perlombaan atau sebagai wadah membangun bakat.

Pramuka Sebagai Hiburan
Dalam kepramukaan banyak hal yang dapat dilakukan siswa atau anggota pramuka, seperti bidang kesenian, didalamnya anggota dapat menjadikan pramuka sebagai ajang hiburan, selain dari itu pelaksanaan perkemahan dalam kepramukaan adalah bagian dari hiuburan. dan disini juga dibangun jiwa kreatif para siswa.

Pramuka membentuk generasi positif
Inilah yang sangat penting, dimana tujuan pramuka adalah mencerdaskan bangsa, membangun generasi yang berjiwa nasionalis dan idealis. Pramuka dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler disekolah memilki tujuan dan fungsi yang sangat besar:
  • Terhindar dari kegiatan negatif di luar sekolah
  • Membangun karakter: Agama, Nasionalis dan Kedisiplinan
  • Membantu Program pendidikan formal di sekolah
  • Memberikan semnagat ptriotisme
  • Mencerdaskan siswa
  • Dan lain-lain

 

Peran Pramuka Dalam Pendidikan

Masih banyak lagi fungsi kegitan pramuka dalam pendidikan di sekolah, dan itu memberikan nilai positif yang sangat besar. jika ada orang yang menganggap pramuka itu adalah sistem postif, itu merupakan pandangan yang salah dan salah besar, ada  kemungkinan orang memandang dari sisi lain pramuka itu miris dan tidak cocok dijadikan sebagai wadah pendidikan.

Pramuka itu bisa menjadi buruk jika orang buruk didalamnya. ini isebabkan oleh pengurus pramuka itu sendiri, pramuka itu bagaikan pisau tajam, jika orang menggunakannya untu memotong daging atau keperluan positif lain, maka dia akan dipandang penting dan baik, sebaliknya jika ada orang yang menjadikan pisau itu untuk tindakan kriminal maka ia akan dipandang buruk dan berbahaya. karena pramuka itu hanya alat.

Demikian sedikit penjelasan tentang Peran Pramuka Dalam Pendidikan  semoga bermanfaat.. salam pramuka.!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »